Makna dan Keutamaan Ibadah Kurban

Makna dan Keutamaan Ibadah Kurban
Risalah Islam -- Makna dan keutamaan ibadah kurban dalam Risalah Islam sangat dalam dan bermanfaat bagi kebaikan hidup di dunia dan di akhirat. Ibadah kurban adalah ibadah sunah bagi mereka yang mampu tiap tahun, saat hari raya Idul Adha atau Idul Qurban.

Risalah Islam menegaskan, ibadah kurban merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah kita nikmati selama ini. Sebagaimana ditegaskan dalam Al-Quran:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS. Al Kautsar: 1-3).

Makna dan keutamaan ibadah kurban antara lain tergambar dalam hadits Nabi Muhammad Saw berikut ini:

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]. Wallahu a'lam. (www.risalahislam.com).*
Previous Post Next Post